in ,

Pesta Kesenian Bali Jadi Pemantik Kreativitas Pelaku Ekraf

Pesta Kesenian Bali Jadi Pemantik Kreativitas Pelaku Ekraf
FOTO :IST

Pajak.comBali – Dalam upaya memantik bangkitnya kreativitas pelaku ekonomi kreatif di tengah pandemi, Pemerintah Provinsi Bali menghadirkan kembali Pesta Kesenian Bali ke-43 tahun 2021. Acara ini diselenggarakan secara hybrid, di Taman Budaya Art Centre, Denpasar, Bali, mulai 12 Juni hingga 10 Juli 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam kata sambutannya menuturkan, Pesta Kesenian Bali merupakan kegiatan seni dan budaya yang bernilai sejarah. Pasalnya, perayaan ini telah menjadi bagian dari nostalgia selama 43 tahun bukan hanya bagi orang Bali, tapi juga secara nasional dan bahkan dunia internasional.

“Pesta Kesenian Bali secara filosofis juga menjadi media dan sarana membangkitkan semangat kita, memotivasi masyarakat untuk menggali, menemukan, dan menampilkan seni budaya serta meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat, membuka peluang usaha, dan lapangan pekerjaan,” ujar Sandiaga.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

Ia pun mengatakan, Bali sebagai episentrum pariwisata Indonesia tidak hanya menarik dengan keindahan alamnya saja, tetapi keunikan seni dan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Bali. Hal ini yang menjadi magnet wisatawan domestik hingga mancanegara. Maka dari itu, tak disangsikan lagi bahwa Pesta Kesenian Bali memegang peranan penting untuk memantik pemulihan pariwisata Bali.

“Saya berharap acara ini menjadi ladang apresiasi seni, membangun ekosistem kemajuan dalam bingkai seni budaya di Bali, serta memberi semangat dan membangkitkan kembali kreativitas di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi di Indonesia,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Presiden RI Joko Widodo yang hadir secara daring mengatakan, penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali ke-43 ini merupakan bukti bahwa dalam tekanan pandemi yang sangat berat, kreativitas dan produktivitas karya seni masyarakat Bali tetap tumbuh.

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

“Saya mengapresiasi upaya pemerintah daerah, para seniman, pekerja seni, dan seluruh masyarakat Bali, yang terus mengekspresikan karya seni dan mengembangkan estetika tradisi dari luhur kebudayaan Bali, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *