in ,

Perusahaan Besar hingga UKM Fokus Digitalisasi Bisnis

Perusahaan Besar hingga UKM Fokus Digitalisasi Bisnis
FOTO: IST

Pajak.com, Singapura – Upaya digitalisasi bisnis semakin menjadi fokus perusahaan-perusahaan besar hingga Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh Asia-Pasifik (APAC). Survei yang dilakukan oleh DBS Digital Readiness Survey mengungkapkan, sekitar 2.600 bendahara perusahaan, CEO, CFO, dan pemilik usaha di 13 pasar di APAC, serta Amerika Serikat (AS) dan Inggris, menunjukkan bahwa 70 persen perusahaan besar dan pasar menengah di APAC telah memiliki strategi transformasi digital.

Data survei itu menyebutkan, peningkatan digitalisasi bisnis sangat signifikan oleh perusahaan besar dan UKM. Perusahaan-perusahaan di Taiwan memimpin dengan angka 95 persen, diikuti Singapura (91 persen), Tiongkok (87 persen), dan Hong Kong (86 persen). Peningkatan itu terjadi dari tahun lalu, ketika proporsi bisnis APAC yang memiliki strategi digital hanya 57 persen.

Baca Juga  KemenkopUKM Dorong Daya Saing Ekspor UMKM

Group Head Global Transaction Services DBS Lim Soon Chong mengatakan, sekitar setengah (53 persen) dari perusahaan besar dan pasar menengah di kawasan APAC masih dalam tahap awal digitalisasi karena baru mulai mengembangkan peta jalan digital mereka atau masih belum berkembang.

“Sekarang, menganut digital menjadi keharusan yang tidak dapat ditawar lagi oleh perusahaan, terlepas dari ukurannya. Tetapi, lanskap digital berkembang pesat dan bisnis harus mengikuti perkembangan terbaru sembari mengarungi hambatan ekonomi yang terus menerus. Laju perubahan teknologi digital menyulitkan bisnis untuk mengembangkan dan menerapkan strategi digital holistik dan efektif,” ujar Lim dalam keterangan resmi Selasa, (21/9/21).

Selain perusahaan besar, Lim juga melaporkan bahwa UKM juga membuat kemajuan digital yang stabil, meski tertinggal dari perusahaan besar. UKM mencakup lebih dari 96 persen dari seluruh bisnis Asia, dan menjadi bagian integral dari keberhasilan ekonomi di wilayah ini.

Baca Juga  Strategi Indonesia Wujudkan Transisi Energi dan Iklim

Dalam hal kemajuan digital, UKM di Singapura adalah penentu kecepatan dengan 72 persen memiliki strategi transformasi digital, diikuti Hong Kong (47 persen), Tiongkok (44 persen), Taiwan (38 persen), India (25 persen) dan Indonesia (20 persen). Namun, segmen UKM di wilayah Asia tertinggal dari perusahaan besar dan pasar menengah dalam hal kesiapan digital, dengan hanya empat dari 10 UKM (41 persen) memiliki rencana transformasi digital, dan satu dari 10 memiliki strategi digital yang diperjelas (12 persen).

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0