in ,

Jaga Inflasi, BI Tetap Tahan Suku Bunga Acuan 3,5 Persen

Jaga Inflasi, BI Tetap Tahan Suku Bunga Acuan 3,5 Persen
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) memutuskan tetap mempertahankan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,5%. Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, keputusan ini sejalan dengan perlunya menjaga stabilitas nilai tukar dan sistem keuangan, di tengah prakiraan inflasi yang rendah dan upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Selain suku bunga acuan, BI juga mempertahankan suku bunga Deposit Facility sebesar 2,75%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 4,25%. Di sisi lain, Perry mengemukakan bahwa pihaknya memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 2021 tetap berada dalam kisaran 3,5%-4,3%. Pasalnya, BI melihat kinerja perekonomian domestik kembali membaik secara bertahap.

Hal ini, lanjut Perry, dipengaruhi oleh membaiknya mobilitas masyarakat sejalan dengan pelonggaran kebijakan PPKM, sebagai dampak respons penanganan Covid-19 yang semakin baik. Dia bilang, pada periode Agustus hingga awal September 2021, aktivitas ekonomi domestik berangsur membaik, setelah mengalami perlambatan pada Juli 2021.

Baca Juga  KBI Bangun SDM Menuju “Digital Corporation”

“Hal tersebut tecermin pada kinerja berbagai indikator dini seperti penjualan eceran, ekspektasi konsumen, Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur, serta transaksi pembayaran melalui Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dan Real Time Gross Settlement (RTGS) yang kembali meningkat,” jelasnya saat Konferensi Pers Pengumuman Hasil Rapat Dewan Gubernur Bulan September 2021, secara virtual, Selasa (21/9).

Sementara di sisi eksternal, Perry mengungkap bahwa kinerja ekspor terus meningkat didukung oleh tetap kuatnya permintaan mitra dagang utama.

“Ke depan, perbaikan ekonomi diperkirakan terus berlanjut sejalan dengan akselerasi vaksinasi, kinerja ekspor yang tetap kuat, pembukaan sektor-sektor prioritas yang semakin luas, dan stimulus kebijakan yang berlanjut,” imbuhnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0