in ,

Jokowi Resmikan Pabrik Baja Canggih Krakatau Steel

Jokowi Resmikan Pabrik Baja Canggih Krakatau Steel
FOTO: IST

Pajak.com, Cilegon – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik baja Hot Strip Mill 2 milik PT Krakatau Steel (Tbk) yang berlokasi di Kawasan Industri Krakatau, Kota Cilegon, Provinsi Banten, pada Selasa (21/09). Menurutnya, pabrik yang memproduksi baja canai panas atau hot rolled coil (HRC) ini sudah menggunakan teknologi 4.0 terbaru di industri baja dan hanya ada dua di dunia.

“Hari ini kita akan saksikan peresmian Hot Strip Mill 2 dari PT Krakatau Steel yang menggunakan teknologi modern dan terbaru di industri baja. Hanya ada dua di dunia, pertama di Amerika Serikat dan yang kedua di Indonesia, yaitu di Krakatau Steel. Tadi saya sudah melihat ke dalam proses produksinya dan betul-betul memang teknologi tinggi,” ungkapnya saat peresmian pabrik yang disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/09).

Baca Juga  8 Poin Penting dalam Proses Pengajuan Izin Usaha

Jokowi menambahkan, dengan diresmikannya pabrik baja ini yang memiliki kapasitas produksi HRC sebesar 1,5 juta ton per tahun. “Peresmian pabrik pertama di Indonesia yang mampu menghasilkan HRC kualitas premium. Produksinya akan terus kita tingkatkan hingga nanti mencapai empat juta ton per tahun,” tambahnya.

Dengan beroperasinya pabrik ini, ia berharap kebutuhan baja dalam negeri dapat terpenuhi sekaligus menghilangkan ketergantungan terhadap baja impor dan dapat menekan angka impor baja nasional kedepannya.

“Menekan angka impor baja negara kita, yang saat ini berada pada peringkat kedua komoditas impor Indonesia. Sehingga kita harapkan nanti bisa menghemat devisa Rp 29 triliun per tahun, ini angka yang sangat besar sekali,” ujarnya.

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar PT Krakatau Steel untuk selalu menjaga kualitas baja yang diproduksi sehingga tidak kalah dengan produk impor.

“Saya yakin nantinya akan menjadi komoditas yang mampu bersaing di pasar regional dan pasar global,” imbuhnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *