in ,

Pentingnya Kebijakan Makroprudensial di Masa Pandemi

Selanjutnya, pihaknya juga terus mengingatkan transparansi suku bunga kredit perbankan untuk mempercepat transmisi kebijakan moneter terhadap suku bunga kredit perbankan dan meningkatkan kredit atau pembiayaan pada dunia usaha.

Terbaru di paket kebijakan ini, BI bakal segera meluncurkan kebijakan rasio pembiayaan inklusif makroprudensial (RPIM), untuk mendorong kredit perbankan pada sektor pembiayaan inklusif dan UMKM melalui empat perluasan.

Yakni perluasan definisi UMKM menjadi pembiayaan inklusif ekonomi subsistem, perluasan mitra perbankan dalam penyaluran kredit UMKM, inovasi perluasan opsi penyaluran kredit secara tidak langsung melalui pembelian surat berharga inklusif, dan insentif bagi bank yang mengoptimalkan korporatisasi sektor UMKM dan sektor prioritas.

“BI akan terus memperkuat kebijakan dengan pemerintah dan KSSK, serta fokus pada upaya untuk mengatasi permasalahan sisi permintaan dan penawaran dalam penyaluran kredit atau pembiayaan dari perbankan kepada dunia usaha, terutama pada sektor-sektor prioritas yang mendukung pertumbuhan ekonomi,” pungkasnya.

Baca Juga  Lebaran Aman: Modus dan Tip Perlindungan dari Penipuan APK

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *