in ,

Pemerintah Sinergi UKM Transformasi Kendaraan Listrik

Pemerintah Sinergi UKM Transformasi Kendaraan Listrik
FOTO: KEMENKOP UKM DAN KEMENTERIAN ESDM

Pajak.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sepakat membangun sinergi untuk pengembangan pelaku UKM dalam transformasi kendaraan listrik. Hal itu dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU).

“Nota kesepahaman ini difokuskan untuk menjalin pengembangan sumber daya manusia dan transformasi kendaraan listrik yang dibina oleh Kementerian ESDM. Kami melibatkan UKM dalam rangka mempercepat penerapan kendaraan listrik untuk transportasi jalan. Terlebih, hal itu jadi bagian rencana aksi transisi energi di Indonesia,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman Hakim dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.com(9/2).

Baca Juga  Kenaikan BBM Turunkan Daya Beli Hingga Rp 8,1 T

Menurutnya, transformasi kendaraan listrik merupakan wujud dukungan pemerintah terhadap pembangunan yang berkelanjutan untuk mengatasi dampak dari perubahan iklim, seperti, peningkatan bencana hidrometeorologi, peningkatan suhu bumi, kenaikan muka air laut, hingga gelombang ekstrem.

“Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM bersama UNDP (United Nations Development Programme), sekitar 94–95 persen UKM tertarik dengan gagasan praktik usaha ramah lingkungan. Sedangkan, sekitar 86–90 persen UKM tertarik untuk melakukan praktik usaha inklusif,” ungkap Arif.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings