in ,

Tiga Kementerian Sinergi Selenggarakan G20 TIIWG

Tiga Kementerian Sinergi Selenggarakan G20 TIIWG
FOTO: Kemenves/BKPM

Pajak.com, Jakarta – Tiga kementerian yang terdiri dari Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (Kemenves/BKPM), dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) akan bersinergi menggelar pelaksanaan G20 Trade, Investment, and Industry Working Group (TIIWG) yang dijadwalkan berlangsung pada September mendatang di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Sinergi ini merupakan bentuk komitmen dalam mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia 2022 untuk pemulihan ekonomi global melalui peningkatan peran perdagangan, investasi, dan industri.

“Kemendag berkomitmen dalam mendukung penuh Presidensi G20 Indonesia agar menjadi katalis pemulihan ekonomi global dengan mengedepankan kemitraan dan inklusivitas serta memberikan dampak nyata bagi masyarakat global dan nasional. Kami siap menjadi tuan rumah dan memimpin pertemuan G20 TIIWG untuk membahas upaya dan kebijakan setiap negara dalam mendesain kebijakan perdagangannya untuk pulih kembali dan relevan dengan konteks kekinian, inklusif, people centered, ramah lingkungan dan berkelanjutan,” kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, pada Konferensi Pers Inagurasi G20 TIIWG secara virtual, (8/2).

Baca Juga  Sri Mulyani Pastikan Hadir di Sidang Sengketa Pilpres

Ia menyebutkan, TWIIG mengangkat enam isu prioritas. Pertama, World Trade Organization (WTO) reform. Kedua, the role of multilateral trading system to strengthen the achievement of sustainable development goals. Ketiga, trade, investment, and industry response to the pandemic and global health architecture. Keempat, digital trade and sustainable global value chains. Kelima, spurring sustainable investment for global economic recovery. Keenam, inclusive and sustainable industrialization via industry 4.0.

“Pembahasan isu-isu tersebut diharapkan dapat memberikan hasil konkret melalui kesepakatan tingkat menteri yang sejalan dengan tiga deliverables utama Presidensi G20 Indonesia, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi digital, dan transisi energi,” harap Lutfi.

Baca Juga  Jelajah Hemat Jakarta: Libur Lebaran nan Ramah di Kantong

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *