in ,

Pemerintah Apresiasi Pemprov Jabar Dukung Gernas BBI

Hadir untuk membuka acara, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan, Gernas BBI yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo menjadi bentuk keberpihakan pemerintah kepada kebangkitan UMKM, melalui akselerasi transformasi digitalisasi UMKM. Teten berharap, selain target 30 juta UMKM terhubung ke ekosistem digital pada 2023, akan ada 500 ribu produk artisan on boarding digital setiap bulannya dengan sinergi semua pemangku kepentingan.

“Namun, (pemerintah dan stakeholders) tidak cukup hanya hadir semata, ada isu literasi digital, pengembangan kapasitas SDM, hingga peningkatan kapasitas produksi dan kualitas turut pula harus kita kawal,” tegasnya.

Untuk itu, lanjut Teten, ratusan rangkaian kegiatan BBI di Jabar pada bulan April ini tidak hanya fokus pada aspek hilir pemasaran, tapi juga menyasar ke hulu atau aspek SDM dan proses bisnis. Kemenkop UKM dalam hal ini ditugaskan sebagai movement manager bermitra dengan Pemprov Jabar sebagai key opinion leader atau brand ambassador Gernas BBI.

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

“Lebih dari 100 rangkaian kegiatan pada 100 venue akan menyemarakkan Gernas BBI di Jabar. Lebih dari 14 ribu UMKM unggulan akan kita jangkau dalam keseluruhan kegiatan dan dengan potensi audiensi lebih dari 21 juta orang. Saya percaya, para UMKM artisan ini adalah local champion kita, para pejuang ekonomi yang akan siap merajai level nasional bahkan kompetitif di level pasar global,” imbuhnya.

Teten bilang, UMKM masa depan Indonesia adalah pewirausaha yang mengeksplorasi khazanah dan nilai budaya dalam produknya, tetapi dibalut dengan eksplorasi teknologi serta relevan pula dengan isu-isu kekinian. Wirausaha berbasis teknologi dan wirausaha sosial menjadi salah satu representatifnya.

“Saya percaya, UMKM kita tetap layak menyandang sebagai pahlawan ekonomi bangsa. Resiliensi, kualitas, serta kekhasan yang ditawarkan terus bertumbuh setiap harinya. Sinergi dan kolaborasi dari seluruh pihak tetap krusial dalam mendampingi dan memastikan UMKM kita hadir sebagai juara dan kebanggaan Indonesia. Indonesia bersama UMKM,” tutupnya.

Baca Juga  THR Tak Dibayarkan Perusahaan, Begini Cara Melaporkannya ke Kemenaker

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *