in ,

Pembentukan Badan Pangan Perlu Dibarengi Kewenangan

Faisal mengusulkan aga kepala BPN dipimpin oleh orang yang sudah memiliki darah pangan. Hal ini untuk menghindari lamanya proses dan waktu yang panjang untuk belajar menyesuaikan dengan seluk beluk di bidang eksternal. Selain itu, sosok yang cocok untuk mengemban tugas ini adalah sosok yang memiliki pengalaman praktik sebagai perumus kebijakan serta memiliki wawasan yang luas.

Faisal juga menegaskan, dalam kelembagaan BPN ke depan sebaiknya harus memiliki pengalaman menjabat di Bulog. Ia mengusulkan agar mantan kepala pimpinan di Bulog yang terdahulu dan performa kinerjanya maka bagus dimasukkan ke dalam dewan atau lembaga itu,” kata Faisal.

Sebelumnya, Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menjelaskan, ada tiga peraturan yang saling berkaitan dengan kebijakan pangan nasional, yaitu UU Nomor 18 Tahun 2012 tentang pangan, Perpres Nomor 48 Tahun 2016 tentang Penugasan Pada Perum Bulog dan Perpres Nomor 66 Tahun 2021 tentang Badan Pangan Nasional.

Baca Juga  Indonesia Prima Luncurkan Primabiz, Dorong UKM Menuju Kesuksesan Global

Menurut Budi Waseso, Secara garis besar kebijakan pangan BPN akan dilaksanakan oleh Bulog. Ke depan ada beberapa penugasan pangan yang akan dilakukan oleh Bulog mulai dari pengelolaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) hingga pengembangan sistem informasi pangan terpadu.

Sesuai Perpres 66, ada sembilan jenis pangan yang dikelola oleh BPN. Sebagai kebijakan pangan, Bulog telah siap menerima penugasan dari NPN yaitu untuk pengelolaan cabang pangan pemerintah, ketersediaan stabilisasi pasokan dan harga pangan, konsumsi pangan dan ketahanan pangan, penugasan untuk pengembangan sistem informasi pangan terpadu dan terintegrasinya dari hulu ke hilir sebagai alat monitoring dan dasar kebijakan keputusan terkait pengelolaan pangan.

Baca Juga  Lippo Karawaci Libatkan Mitra Strategis dalam Menerapkan ESG

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *