in ,

Pasar Kripto Tergelincir, Haruskah Investor Khawatir?

Pasar Kripto Tergelincir
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kondisi pasar aset kripto dalam beberapa waktu terakhir mengalami banyak tekanan. Pasar kripto juga telah diguncang oleh algorithmic stablecoin dari TerraUSD (UST) yang nilainya runtuh dan gagal menjaga persamaan nilai tukarnya terhadap dollar AS. Kemudian, LUNA, aset kripto di jaringan Terra juga kehilangan lebih dari 90 persen dari harga tertingginya. Singkatnya, penurunan pasar kripto terus terjadi, dan sejumlah aset kripto masih tergelincir di zona merah dalam sepekan terakhir. Lantas, apakah investor perlu khawatir?

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo) Teguh Kurniawan Harmanda menyikapi kondisi pasar sebagai siklus yang wajar, terkadang naik dan turun. Untuk itu, pelaku pasar perlu menyikapi kondisi ini dengan tenang dan sikap kehati-hatian.

Baca Juga  Menperin: Industri Batik Serap 200 Ribu Tenaga Kerja

“Kondisi penurunan market saat ini, tidak hanya terjadi di kripto saja. Pasar modal pun mengalami hal yang serupa. Inflasi pun relatif tetap mendekati level tertinggi. Tidak pernah ada tempat berlindung yang aman, ketika badai sedang dalam kekuatan penuh,” kata pria yang akrab disapa Manda itu dalam keterangan tertulis Jumat (13/5/22).

Manda optimistis, pasar kripto akan kembali pulih. Aksi jual yang luas di pasar, memang tidak dapat dihindarkan. Namun, menurutnya ini bukan saatnya untuk panik. Pasar kripto sebagian besar mulai kembali stabil. Jika pasar modal kembali pulih, ia berharap hal serupa juga terjadi di kripto.

Di sisi lain, kondisi saat ini ada ketidakpastian lain yang mengganggu sentimen investor secara bersamaan. Ketegangan geopolitik Rusia-Ukraina, inflasi yang memburuk, masalah rantai pasokan, fluktuasi harga minyak, pertumbuhan yang melambat di Cina dan kekhawatiran tentang dampak wabah COVID-19 di sana juga berkontribusi terhadap kecemasan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings