in ,

Optimalisasi Sektor Wisata dan Perbaikan Iklim Investasi

Airlangga menekankan, reformasi struktural di Indonesia ini dilakukan melalui Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang menjadi jembatan antara program penanganan Covid-19 jangka pendek dan reformasi struktural jangka panjang. Selain itu, pemerintah juga membentuk Indonesia Investment Authority (INA) sebagai alternatif pembiayaan jangka panjang. Hal ini dilakukan untuk mendorong pembangunan infrastruktur. Pada tahun 2020 pemerintah telah mengalokasikan modal sebesar Rp 15 triliun dan di tahun 2021 sebesar Rp 60 triliun. Pada kuartal pertama, INA diharapkan dapat segera merealisasikan kegiatannya.

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia, Paulus Sutisna mengatakan, pihaknya cukup optimistis dengan perbaikan ekonomi yang berlanjut di tahun 2021. Dengan dukungan Pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Bank Indonesia (BI) melalui berbagai program stimulus dan bauran kebijakan fiskal dan makroprudensial terbukti sangat instrumental di tengah peningkatan kasus pandemi tahun lalu.

Baca Juga  Wamenkeu: Hampir Semua Investor Eropa Tekankan Prinsip ESG dan Ekonomi Hijau 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang juga menjadi narasumber acara itu menyampaikan, salah satu sektor yang terkena dampak paling parah dari pandemi Covid-19 adalah pariwisata dan ekonomi kreatif. Kunjungan wisatawan mancanegara turun hingga 75 persen sejak pandemi. Pada tahun 2019, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia adalah 16 juta, sedangkan pada 2020 turun menjadi 4,8 juta kunjungan.

Kendati demikian, pemerintah menargetkan kontribusi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) akan meningkat hingga 10 – 12 persen dalam periode lima hingga sepuluh tahun ke depan. Kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB di tahun 2020 sekitar 4,1 persen dan 4,7 persen pada 2019 lalu. Saat ini kontribusi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap PDB sekitar 4,3 persen.

Baca Juga  Menlu Retno: Indonesia Diplomasi Redakan Ketegangan Iran dan Israel

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *