in ,

Menparekraf: Dompet Digital Lokomotif Digitalisasi UMKM

Menparekraf Dorong Dompet Digital Jadi Lokomotif Digitalisasi UMKM
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong dompet digital untuk menjadi lokomotif digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Menurutnya, transformasi digital menjadi keniscayaan bagi UMKM agar mampu menghadapi tantangan di saat pandemi maupun di masa mendatang.

“Pandemi telah menyadarkan kita untuk meningkatkan inovasi, adaptasi dan keterampilan, bukan saja dengan berjualan maupun melakukan pembayaran secara on-line, tetapi juga menciptakan konten-konten kreatif sehingga bisnis bisa terus berkesinambungan,” ungkapnya saat webinar DANA Connect, dikutip Senin (09/08).

Ia menambahkan, untuk menjadi bagian dari pandemic winners, UMKM harus bisa mengatasi pandemi dengan melakukan inovasi dan transformasi, salah satu strategi adalah dengan go digital. “Mereka yang belum bertransformasi secara digital akan sangat merasakan dampak dari pandemi,” tambahnya.

Baca Juga  Rencana GoTo Kembangkan Ekosistem Digital UMKM

Menparekraf menjelaskan mengenai peran penting UMKM dalam perekonomian nasional, yang mana kontribusinya saat pandemi meningkat dari 60 persen menjadi 63 persen terhadap produk domestik bruto (PDB). Hal ini salah satunya disebabkan karena keberhasilan UMKM untuk bisa menghadapi tantangan pandemi lewat transformasi digital.

“Pelaku usaha yang tidak terdampak pandemi adalah mereka yang sudah bisa beradaptasi dan go digital. Berdasarkan data Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), sebanyak 13,7 juta pelaku UMKM sudah masuk dalam ekosistem ekonomi digital. Namun, jumlah ini sebenarnya masih kurang karena hanya 12,5 persen dari total pelaku usaha dan intensitas penggunaan teknologi digitalnya belum optimal,” jelasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0