in ,

Mendagri Beri Insentif ke Daerah Capaian APBD Terbaik

Mendagri Beri Insentif ke Daerah Capaian APBD Terbaik
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan memberikan dana insentif daerah (DID) kepada daerah dengan capaian terbaik dalam hal pengelolaan APBD atau anggaran pendapatan dan belanja daerah. Capaian itu meliputi realisasi pendapatan maupun belanja tertinggi.

“Saya meminta secara khusus kepada Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni untuk menyiapkan sejumlah instrumen guna memberikan penghargaan khusus kepada daerah-daerah berprestasi tersebut. Kita akan buatkan untuk penghargaan. Termasuk usulan kita kalau bisa daerah-daerah yang berprestasi mengelola keuangan (dengan) baik, diberikan dana insentif daerah,” kata Tito dalam keterangan tertulis yang dikutip Pajak.com, (23/1).

Plh Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Agus Fatoni menyebutkan, realisasi APBD tahun 2021 lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya. Secara rinci, realisasi pendapatan provinsi, kabupaten, dan kota per 31 Desember 2021 mencapai Rp 1.115,10 triliun atau 95,59 persen. Realisasi itu lebih tinggi dibanding tahun 2020 sebesar Rp 1.050,93 triliun atau 92,48 persen.

Baca Juga  Usulan Kebijakan Utama Anti Pencucian Uang di Indonesia

Sementara dari sisi belanja, daerah berhasil merealisasikan sebesar Rp 1.092,13 triliun atau 85,69 persen. Capaian ini melampaui realisasi belanja tahun lalu sebesar Rp 1.021,26 triliun atau 82,69 persen.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0