in ,

KTT G20 Momentum Tampilkan Ketangguhan Bangsa

Pemerintah ingin menunjukkan bahwa Indonesia memang tengah menggenjot rehabilitasi mangrove di wilayah pesisir untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan dan perubahan iklim. Mangrove dinilai efektif untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Selain itu, mangrove juga dapat digunakan untuk menghambat intrusi air dan memperbaiki kualitas lingkungan.

“Kita harapkan nanti ada peningkatan dari baik produksi ikan dan hasil laut lainnya, utamanya kepiting yang cocok untuk mangrove ini dan yang paling akhir adalah bisa meningkatkan pendapatan masyarakat,” kata Jokowi.

Dalam peninjauan ia didampingi, antara lain oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan lain-lain.

Sebagai informasi, Indonesia resmi memegang Presidensi G20 setelah serah terima dari Italia pada KTT G20 atau G20 Leaders’ Summit di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2020. Ini merupakan kali pertama Indonesia terpilih sebagai pemegang kursi presidensi sejak G20 dibentuk pada tahun 1999. Selama masa presidensi, Indonesia berperan menentukan agenda prioritas dan memimpin rangkaian pertemuan G20.

Baca Juga  Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

G20 merupakan forum ekonomi global yang beranggotakan 19 negara utama penggerak ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Ada pula satu anggota perwakilan regional, yaitu Uni Eropa yang memiliki kontribusi signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB) dunia. Kelompok negara ini berkontribusi pada 85 persen PDB dunia sebesar 75 persen perdagangan dunia dan 80 persen investasi global, serta meliputi dua pertiga populasi penduduk dunia.

Pemerintah Indonesia memperkirakan beberapa manfaat langsung yang dapat dicapai jika pertemuan KTT G20 dilaksanakan secara fisik, yakni peningkatan konsumsi domestik hingga Rp 1,7 triliun, penambahan produk domestik bruto (PDB) nasional hingga Rp 7,4 triliun, pelibatan usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan penyerapan 33 ribu tenaga kerja di berbagai sektor.

Baca Juga  BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat Kuartal I-2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *