in ,

Kota Masa Depan Solo Targetkan 1.500 UMKM Onboarding

Kota Masa Depan Solo Targetkan 1.500 UMKM Onboarding
FOTO: IST

Pajak.comSolo – Tiga raksasa digital Grab, Emtek, dan Bukalapak melanjutkan program akselerator Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan) di Solo, Jawa Tengah, menargetkan lebih dari 1.500 pelaku UMKM untuk onboarding. Solo adalah kota kedua yang didatangi setelah peluncuran perdana Kota Masa Depan di Kupang pada Oktober lalu.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming mengapresiasi kerja sama ketiga raksasa digital Indonesia ini dalam menghadirkan program Kota Masa Depan. Ia mengatakan, program ini dapat membantu UMKM untuk naik kelas melalui fasilitas digitalisasi.

“Ini momen yang baik di akhir tahun ini di mana angka pencapaian vaksinasi sudah tinggi, angka COVID-19 sudah menurun drastis, dan hari ini kita alhamdulillah bisa menjadi batu loncatan UMKM naik kelas,” ucapnya di Solo, Jawa Tengah, dikutip Pajak.com, Sabtu (25/12).

Baca Juga  Pertumbuhan E-commerce Diikuti Infrastruktur Logistik

Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan para pelaku UMKM yang bergabung dalam program ini ditargetkan dapat menjangkau jutaan konsumen Grab dan Bukalapak di seluruh Indonesia, serta membuka peluang pendapatan baru dengan memiliki toko digital.

“Grab bersama Emtek dan Bukalapak siap bekerja sama dengan Pemerintah Surakarta untuk mengawal Solo menjadi Smart City melalui program Kota Masa Depan. Program ini memberikan pendampingan dan pelatihan agar UMKM menjadi lebih kompetitif serta menciptakan lapangan pekerjaan baru,” ucap Ridzki.

Ia pun berharap, melalui upaya ini dapat membantu pemerintah mencapai target digitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024, serta mempercepat upaya pemulihan ekonomi bangsa.

Di kesempatan yang sama, Managing Director Emtek, Sutanto Hartono mengatakan program ini diharapkan dapat memberikan peluang dan daya saing bagi UMKM lokal di era digitalisasi yang berkembang begitu cepat.

Baca Juga  104 Startup Lokal Peroleh Pendanaan 3,8 Miliar Dollar

Ia berpandangan, dengan tekad yang sama yakni untuk membuat kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia menjadi lebih baik melalui teknologi, pihaknya yakin bisa membangkitkan roda perekonomian lokal yang nantinya akan memberikan kontribusi bagi perekonomian Indonesia.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

-2 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0