in ,

Kominfo Dorong Digitalisasi UMKM melalui Program DTS

Perlu diketahui, program DTS dimulai tahun 2018 dengan peserta sebanyak 1.000 orang, tahun 2019 sebanyak 25 ribu orang peserta, dan tahun 2020 sebanyak 60 ribu peserta. “Target tahun 2021 kita berharap bisa mencapai 100 ribu,” ujarnya. Selain itu, untuk melaksanakan Program DTS 2021, Hary menegaskan kebutuhan untuk bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk universitas agar bisa menjangkau masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Program DTS 2021 sendiri menyediakan delapan akademi yang bisa diikuti oleh peserta dari lulusan SMK, mahasiswa tingkat akhir, lulusan perguruan tinggi, pekerja dan masyarakat umum. Pertama, Fresh Graduate Academy, untuk mahasiswa yang akan lulus maupun sudah lulus dan ingin bekerja. Mereka dilatih dan ada sertifikat kelulusan pelatihan serta kesempatan untuk sertifikasi internasional yang bisa dipakai untuk kerja di level global.

Baca Juga  Ini 7 Ruas Tol Baru Gratis Selama Musim Mudik Lebaran 2024

Kedua, Vocational School Graduate Academy (VSGA) dengan sasaran lulusan SMK untuk menerima pelatihan sesuai modul Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Ketiga, Thematic Academy yang dikhususkan bagi peserta dari masyarakat umum. Keempat, Profesional Academy, untuk peserta dari pekerja profesional. Kelima, Government Transformational Academy (GTA) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN).

Keenam, Digital Entrepreneurship Academy (DEA) untuk pelaku usaha dan UMKM. “Untuk menyiapkan peserta yang berusaha atau wirausaha mandiri beralih ke wirausaha digital. Bekerja sama dengan berbagai market place agar bisa memanfaatkan teknologi digital,” ujarnya. 

Ketujuh, Talent Scouting Academy (TSA) diperuntukan bagi mahasiswa yang memilik talenta digital. Dan yang kedelapan adalah Digital Leadership Academy yang dikhususkan untuk pimpinan lembaga agar bisa mengembangkan inovasi digital.

Baca Juga  Mempelajari Teknik Presentasi Memukau ala Steve Jobs

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *