in ,

Kemenkop Apresiasi Pemkab Kulon Progo

Kemenkop Apresiasi Pemkab Kulon Progo
FOTO : ist

Pajak.com, Yogyakarta – Kementerian koperasi dan UKM mengapresiasi inisiatif Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk menghubungkan kemitraan antara pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), koperasi, dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret). Berkat kolaborasi itu produk UMKM yang dikelola koperasi dapat dipasarkan di Indomaret setempat. Program ini dinamakan ToMiRa (toko milik rakyat).

Keberadaan ToMiRa tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Kulon Progo Nomor 11 tahun 2011 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pasar Tradisional serta Penataan Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern. Secara umum, regulasi mengatur pelarangan setiap pendirian gerai ritel modern atau waralaba dengan jarak kurang dari 1.000 meter dengan pasar tradisional dan mewajibkan adanya produk-produk UMKM lokal untuk dipasarkan dan dipajang dalam rak produk minimal 20 persen dari total space yang ada.

Baca Juga  Sri Mulyani Pastikan Hadir di Sidang Sengketa Pilpres

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, pola kerja sama ini diyakini dapat meningkatkan daya saing produk lokal sekaligus ritel modern. Ia memastikan, kementerian koperasi dan UKM akan terus mendukung inovasi ToMiRa dan mendorong daerah lain untuk mereplikasinya.

“Saya kira ToMiRa bisa menjadi model bagaimana menyelamatkan warung tradisional, UMKM dan koperasi dengan proyek kemitraaan, ini terobosan yang baik sekali. Saya tertarik untuk kembangkan ToMiRa melalui koperasi, saya tugaskan pak Ahmad Zabadi (Deputi Bidang Perkoperasian) dan Pak Supomo (Dirut LPDB) untuk exercise nanti pengembangannya seperti apa. Kalau itu nanti baik, kita mungkin bisa jadikan policy nasional,” kata Teten dalam kunjungannya di Kulon Progo, Yogyakarta.

Baca Juga  Jaga Ekonomi Nasional, Wamenkeu Beberkan Strategi Hadapi Konflik Timur Tengah 

Sementara itu, pemerintah telah menyiapkan skema pendanaan yang murah untuk ToMiRa, yaitu melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB). Apalagi produk UMKM ToMiRa sudah dikelola oleh koperasi.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *