in ,

Kiat Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Kenaikan COVID-19

Kiat Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Kenaikan COVID-19
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Saat ini angka kasus positif COVID-19 tengah mengalami peningkatan akibat transmisi varian Omicron maka dari itu, penting bagi kita semua untuk semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan sembari konsisten menjaga daya tahan tubuh, berikut kiat menjaga imunitas tubuh yang Pajak.com rangkum dari para dokter atau ahli kesehatan.

  • Terapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS)

Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) sekaligus dokter spesialis paru di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Erlina Burhan menyampaikan, upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah merebaknya Omicron dimulai dari konsisten menerapkan PHBS, seperti cuci tangan, menjaga kebersihan tempat tinggal, konsumsi makanan sehat, dan sebagainya.

  • Konsumsi vitamin C dan D 
Baca Juga  Pengembangan Ekonomi Syariah Perlu Ditingkatkan

Dosis yang dianjurkan Erlina Burhan dalam mengonsumsi vitamin C adalah sebanyak 500 miligram per hari. Sementara untuk vitamin D cukup dikonsumsi sebanyak 1.000 IU (international units) per hari. Anda juga bisa berjemur pada pagi atau sore hari untuk memperoleh vitamin D.

Dokter spesialis kulit RS Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sekaligus dosen Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (UNPAD) R.M. Rendy Ariezal Effendi menekankan, sejatinya tujuan utama berjemur memang untuk mendapatkan vitamin D yang alami. Menurutnya, waktu berjemur yang baik, yaitu pada pukul 8—10 pagi. Sebenarnya, diperbolehkan berjemur di atas pukul 10, tetapi waktu tersebut memiliki risiko, diantaranya flek bahkan kanker kulit. Sebagai catatan, setiap daerah tentu memiliki intensitas sinar matahari yang berbeda. Maka dari itu, mengetahui ultraviolet (UV) index lebih relevan dijadikan acuan daripada indikator waktu.

  • Olahraga secara rutin
Baca Juga  Kemenparekraf: Target di 2022 Kunjungan Wisman 3,6 Juta

Ahli gizi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Toto Sudargo menyarankan, setiap individu dapat rutin berolahraga dengan intensitas sedang, yaitu 3—5 kali per minggu selama 30—45 menit. Manfaat yang diperoleh dari olahraga, diantaranya menjaga ritme pernapasan, postur tubuh, kebugaran, dan sebagainya. Disarankan juga melakukan olahraga di ruang terbuka dengan paparan sinar matahari pagi atau sore.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *