in ,

Kiat Jaga Imunitas Tubuh di Tengah Kenaikan COVID-19

  • Tidur yang cukup

Tidur cukup merupakan salah satu cara memperkuat daya tahan tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, kurang tidur berkaitan dengan risiko infeksi yang tinggi, peradangan, dan fungsi imun yang melemah. Tidur cukup bagi orang dewasa disarankan selama 6 jam hingga 8 jam dalam sehari. Agar tidur berkualitas, Anda bisa menjauhkan perangkat gadget dari tempat tidur.

  • Kurangi makanan atau minuman manis

Tak dapat dipungkiri, tergoda dengan makanan atau minuman manis pasti kerap terjadi di kehidupan sehari-hari. Namun, di tengah pandemi ini diharapkan Anda lebih tegas untuk tidak mengonsumsinya. Sebab asupan gula yang berlebih dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, dianjurkan tidak mengonsumsi makanan olahan karena rendah nutrisi dan dapat menghambat kerja sistem imun.

  • Perbanyak minum air putih
Baca Juga  Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron di Indonesia

Menurut studi Mayo Clinic (organisasi riset bidang kesehatan nonprofit terbesar di Amerika Serikat), kebutuhan air pada individu dewasa yang berada di iklim sedang, yaitu rata-rata sekitar 15,5 gelas atau 3,7 liter untuk pria dan 11,5 gelas atau 2,7 liter bagi wanita. Porsi ini dinilai cukup untuk menghidrasi tubuh dan membantu fungsi sistem metabolisme bekerja dengan baik. Namun, yang perlu diketahui juga, kebutuhan cairan dapat berubah karena beberapa faktor, seperti usia, aktivitas harian, tempat tinggal, hingga aktivitas seksual.

Menurut Kementerian Kesehatan, alternatif lain untuk mendapatkan banyak cairan bisa dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran, misalnya melon, stroberi, pir, semangka, brokoli, dan bayam.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *