in ,

Keminves dan Kementerian BUMN Integrasi Data UMKM

Keminves dan Kementerian BUMN Lakukan Integrasi Data UMKM dengan Sistem OSS
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Investasi (Keminves)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendukung program peningkatan kontribusi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Sinergi yang akan dilakukan berupa integrasi data dan informasi UMKM binaan kementerian BUMN dengan sistem Online Single Submission (OSS) Berbasis Risiko yang diluncurkan oleh Kemenves.

Deputi Bidang Kerja Sama Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Riyatno menjelaskan, kerja sama ini diharapkan dapat membantu program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di masa pandemi Covid-19. Kemenves/BKPM akan terus meningkatkan sinergi dengan instansi pemerintah dalam mendukung program peningkatan UMKM, salah satunya mempermudah akses perizinan melalui sistem OSS Berbasis Risiko.

Baca Juga  Kemen ESDM: Infrastruktur Pengisian Listrik Capai 240 Unit

“Banyak UMKM yang belum memiliki legalitas, dalam hal ini nomor induk berusaha (NIB). Target pemerintah, khususnya Kementerian Investasi yaitu membantu memberikan legalitas kepada UMKM sebanyak mungkin,” jelas Riyanto, dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.com, (19/8).

Ia menilai, kementerian BUMN selama ini telah banyak berkontribusi bagi pengembangan UMKM melalui berbagai perusahaan maupun anak perusahaan BUMN. Salah satu program yang telah diluncurkan, yaitu Pasar Digital (PaDi) yang telah mampu memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM secara global.

“Melalui PKS ini, kedua pihak dapat melakukan integrasi data dan informasi antara sistem OSS dengan platform PaDi UMKM, pertukaran data dan informasi lainnya di luar platform PaDi UMKM, serta kegiatan promosi bersama,” tambah Riyanto.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0