in ,

Kementerian ESDM Lanjutkan Konversi 1.000 Motor Listrik

Arifin melanjutkan, terkait peningkatan penggunaan dan pemanfaatan KBLBB, Kementerian ESDM berfokus pada kesiapan suplai tenaga listrik, pembangunan instalasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) serta insentif tarif listrik untuk KBLBB.

Hal tersebut telah diatur dalam Permen ESDM No.13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, yang pada saat ini sedang dalam proses revisi untuk lebih meningkatkan efektivitas pelaksanaanya, mendorong partisipasi investasi, dan keterlibatan pihak swasta.

“Peningkatan penggunaan kendaraan listrik juga harus di dukung dengan penyediaan listrik berbasis energi bersih, untuk itu kami pun menargetkan pada tahun 2030 kapasitas pembangkit energi terbarukan mencapai 31,4 gigawatt (GW) dengan terbangunnya pembangkit energi baru terbarukan (EBT) baru dalam Green Rancangan Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN 2021-2030 sebesar 20,9 GW,” ujar Arifin.

Baca Juga  BI Siapkan Rp 197 T untuk Penukaran Selama Ramadan dan Idulfitri

Ia pun mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi besar bagi terlaksananya program konversi sepeda motor penggerak BBM menjadi motor listrik, dimana pada tahun 2021 telah berhasil dilaksanakan pilot project untuk 100 unit sepeda motor dinas Kementerian ESDM.

“Keberhasilan pilot project ini diharapkan menjadi trigger pelaksanaan di kementerian/lembaga lain, Pemda, BUMN, swasta maupun masyarakat sehingga penggunaan kendaraan listrik menjadi lebih masif dan lebih terjangkau, sekaligus membuka kesempatan bekerja melalui bengkel konversi UMKM, serta meningkatkan produksi komponen lokal. Program ini diharapkan semakin mendorong ekosistem KBLBB secara nasional,” pungkasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  SMF Dorong Pembiayaan Perumahan Berkelanjutan dan Pengembangan ESG

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *