in ,

Percepat Transisi Energi, Pertamina Gandeng Gojek

Percepat Transisi Energi, Pertamina Gandeng Gojek
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero) terus melanjutkan inisiatif strategis dalam rangka transisi energi, termasuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik, sebagai dukungan dan kontribusi percepatan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB), Pertamina Patra Niaga, selaku Sub Holding Commercial & Trading (C&T) Pertamina bersinergi bersama Gojek dengan brand Electrum (perusahaan patungan Gojek dan TBS) pionir KBLBB roda dua di Indonesia, GESITS, serta brand KBLBB roda dua Taiwan yaitu Gogoro, untuk mengembangkan infrastruktur hilir bagi motor listrik yaitu pilot komersial Battery Swapping Station (BSS) atau Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, SH C&T Alfian Nasution mengungkapkan, jika sebelumnya Pertamina Patra Niaga bersama beberapa mitra strategisnya telah mengembangkan charging station bagi mobil listrik, kali ini komitmen untuk transisi energi mempercepat ekosistem electric vehicle (EV) kembali dilanjutkan dengan Gojek mengembangkan pilot komersial BSS Electrum dengan partner GESITS dan Gogoro.

Baca Juga  Definisi dan Ketentuan Hak Angket DPR

“Pertamina Patra Niaga terus berkomitmen dan ingin berkontribusi mendukung program pemerintah untuk mempercepat transisi energi, khususnya ekosistem EV. Pilot komersial BSS akan dilakukan dalam waktu dekat, Pertamina Patra Niaga bersama Electrum telah menyepakati kerja sama, dan pada pilot komersial tersebut mitra driver Gojek akan mulai menggunakan motor listrik GESITS dan Gogoro dengan layanan BSS dilakukan oleh Pertamina,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/12).

Menurutnya, sama seperti charging station, BSS adalah bentuk antisipasi Pertamina Patra Niaga dalam menghadapi transisi energi yang terjadi, berupa datangnya motor listrik dan sudah mulai digunakan masyarakat.

Alfian melanjutkan bahwa pada tahap awal, pihaknya akan melakukan pilot komersial BSS di Jakarta yang tersebar di 7 titik lokasi SPBU Green Energy Station (GES). Setidaknya ada 500 kendaraan motor listrik dari mitra Gojek dengan brand GESITS dan Gogoro yang akan mendukung pilot komersial BSS.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

“Saat ini seluruh proses persiapan pilot komersial sudah selesai dan Pertamina Patra Niaga akan segera launching bisnis Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum di SPBU. Ini adalah komitmen Pertamina Patra Niaga bersama Electrum dan GESITS mendukung program pemerintah mengenai percepatan transisi energi yakni Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program KBLBB. Selain itu kami juga mendukung komitmen Indonesia dalam COP26 tentang elektrifikasi di sektor transportasi, serta komitmen environmental, social, and  governance (ESG) mengenai penyediaan energi yang lebih bersih,” jelasnya.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sri Mulyani Beberkan Langkah Pengembangan Ekonomi Hijau dan Biru

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *