in ,

Kemenperin Terapkan 3 Kebijakan Demi Industri Berdaulat

Kemudian, mendorong konsep industri hijau dengan penurunan emisi gas rumah kaca, efisiensi energi dan air, penerapan ekonomi sirkular, efisiensi material, dan penurunan pencemaran lingkungan. Selain itu, mewujudkan industri biru, dengan tujuan meningkatkan kekuatan industri kelautan dan pesisir.

Upaya lainnya yang dipacu, yakni memfasilitasi insentif untuk menstimulasi produksi dan daya beli. Misalnya, kebijakan PPnBM-DTP bagi kendaraan bermotor, mampu menstimulasi peningkatan penjualan mobil hingga 758,68 persen pada triwulan II 2021. Selain itu, perlu adanya implementasi non tariff barrier. Untuk penguatan implementasi SNI, Kemenperin terus berusaha agar penerapannya mendorong penguatan industri dalam negeri serta melakukan perlindungan melalui implementasi Bea Masuk Anti Dumping (BMAD) dan Bea Masuk Tindakan Pengamanan (safeguard).

“Dalam upaya menciptakan industri yang berkeadilan dan inklusif, akan didorong melalui implementasi kebijakan harga gas bumi tertentu, yang terbukti mampu meningkatkan utilitas, mempertahankan tenaga kerja dan meningkatkan investasi,” kata Agus.

Baca Juga  Jokowi dan Menlu Tiongkok Bahas 4 Isu Penting Ini

Selanjutnya, program pengembangan industri kecil dan menengah yang sejalan dengan gerakan Bangga Buatan Indonesia, membangun industri halal, dan pembangunan kawasan industri di luar Jawa. Faktor lain yang sangat penting adalah peningkatan kualitas SDM industri.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *