in ,

Sektor Industri dan Investasi Penopang Ekonomi Nasional

Sektor Industri dan Investasi Penopang Ekonomi Nasional
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Pemerintah bertekad untuk meningkatkan kinerja sektor industri manufaktur sebagai salah satu penopang utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Kementerian Perindustrian sebagai ujung tombak sektor ini telah menjalankan berbagai program dan kebijakan strategis untuk memacu aktivitas produksi dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor. Meski Indonesia dihadapkan pada banyak tantangan global, sektor industri manufaktur Indonesia selama tujuh tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap memainkan peranan pentingnya sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, masa pemerintahan Presiden Jokowi selama tujuh tahun ini diwarnai berbagai peristiwa penting global yang mengiringi perjalanan ekonomi nasional, khususnya di sektor industri manufaktur. Misalnya peristiwa penurunan harga beberapa komoditas yang berakibat pada tekanan terhadap ekspor Indonesia.

Baca Juga  BKF: Defisit APBN Masih Terjaga di Tengah PPKM Darurat

Selain itu, perlambatan ekonomi Cina sebagai entitas ekonomi terbesar dunia yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi secara global. Belum lagi perang dagang antara Amerika Serikat dengan Cina yang menciptakan kembali high cost economy dan mengganggu sisi suplai, serta dampak pandemi COVID-19 yang memberikan tekanan hebat terhadap kinerja sektor industri baik dari sisi suplai maupun permintaan.

“Dengan latar belakang kondisi global yang penuh gejolak dan ketidakpastian tersebut, perjuangan bangsa Indonesia dalam membangun sektor industri manufaktur yang berdaulat, mandiri, berdaya saing, dan inklusif menghadapi tantangan yang tidak mudah,” ungkap Agus dalam keterangan tertulis Kamis (28/10/21).

Meski demikian, melalui kerja keras dan ketangguhan para pelaku industri di tanah air dalam upaya menghadapi berbagai tantangan global yang ada, sektor industri pengolahan nonmigas masih mampu mencatatkan kinerja yang cukup gemilang.

Baca Juga  Geothermal, Energi Natural Penyumbang Pajak dan PNBP

“Hal ini tidak lepas dari semangat persatuan dan kesatuan kita sebagai bangsa untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional, seperti semangat yang tertuang pada isi Sumpah Pemuda dalam membangun Indonesia yang maju,” tegas Agus.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

194 Points
Upvote Downvote

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0