in ,

Kemenperin Beri Pelatihan IKM Tingkatkan Daya Saing

Kemenperin Beri Pelatihan IKM Tingkatkan Daya Saing
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Untuk dapat meningkatkan daya saing Industri Kecil Menengah (IKM) menuju pasar global, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyiapkan rencana jangka panjang peningkatan penggunaan produk dalam negeri. Hal ini diwujudkan Kemenperin dengan memberikan pelatihan kepada IKM dalam membangun branding positif, berinovasi, dan membaca tren pasar global.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (Dirjen IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih berharap para pelaku IKM dapat memasok kebutuhan lokal dan pasar global serta daya saing produk IKM melalui program pelatihan yang diberikan serta dukungan dan kerja sama antar-kementerian dan lembaga.

Upaya itu antara lain dilakukan dengan menggelar Talkshow bertajuk “Peluang Pasar Dalam Negeri dan Ekspor Produk IKM Pangan di Provinsi Jawa Barat”.

Baca Juga  RNI Optimalkan Distribusi Pangan Secara Daring

“Tujuannya untuk memberikan informasi kepada pelaku IKM di wilayah Jawa Barat mengenai peningkatan peluang pasar dalam negeri serta ekspor, khususnya bagi produk IKM makanan dan minuman,” kata Gati dalam keterangan tertulis dikutip Jumat (16/7/21).

Gati memaparkan, IKM memiliki peluang besar di pasar dalam negeri. Pasalnya, penggunaan produk dalam negeri pada belanja pemerintah menjadi wajib jika Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) produk tersebut mencapai 40 persen.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0