in ,

KemenkopUKM dan ITB, Sinergi Bina Koperasi dan UMKM

KemenkopUKM dan ITB, Sinergi Bina Koperasi dan UMKM
FOTO: IST

Pajak.com, JakartaKementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) bersinergi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk memberdayakan dan pembinaan koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sekretaris KemenkopUKM Arif Rahman Hakim mengatakan, kerja sama sinergi dengan ITB dalam rangka pemberdayaan dan pembinaan koperasi dan UMKM ini akan dimulai pada tahun 2021. Langkah ini koheren dengan rencana strategi Presiden Joko Widodo dalam mendorong ekonomi kerakyatan.

“Saat ini sedang dipersiapkan penguatan kelembagaan dan anggaran Kementerian Koperasi dan UKM dalam rangka mendukung pencapaian target pemerintahan ke depan,” kata Arif, melalui siaran pers yang diterima Pajak.com(19/3).

Arif menjelaskan, fokus kerja sama di tahun pertama ini meliputi pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi dan model ekosistemnya; penciptaan dan pembinaan mahasiswa wirausaha; pembangunan sistem online entrepreneur potential assessment. Selain itu, kolaborasi juga mencakup kajian rencana pengembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung basis data tunggal UMKM.

Baca Juga  Erick Thohir Bentuk PMO Kopi Nusantara

“Untuk selanjutnya dibuka peluang kerjasama dalam mendukung transformasi usaha informal ke formal, dukungan skema rantai pasok agar terhubung dalam global value chain serta sensus dan survei pendataan UMKM,” tambah Arif.

KemenkopUKM berharap, sinergi dengan ITB dan berbagai pihak akan mempercepat kemajuan koperasi dan UMKM di Indonesia. Pemerintah menargetkan sekitar 2,5 juta usaha mikro dapat naik kelas dan membangun 100 koperasi modern di tahun 2021. Seluruh target itu akan bermuara pada peningkatan kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto (PDB) yang kini sudah mencapai sekitar 60 persen.

Rektor ITB Reini Wirahadikusumah menyambut baik rencana kerja sama ini. Menurutnya, sinergi sebagai bagian dari kontribusi civitas academica terhadap bangsa dan negara.

Baca Juga  Empat Strategi “Go-digital” untuk UMKM

“Kerja sama ini diharapkan juga dapat menambah pengalaman dari sumber daya internal yang ada di ITB secara khusus bidang koperasi dan UMKM,” kata Reini.

Ia pun menyebut, ITB sebelumnya juga telah bekerja sama dalam hal pengembangan UMKM dengan berbagai pihak, antara lain Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, School of Business and Management, Unit Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan, dan lain-lain.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0