in ,

Kemenkop Dorong Realisasi RPJM Koperasi dan UMKM

Kemenkop Dorong Realisasi RPJM Koperasi dan UMKM
FOTO : IST

Pajak.com, Bandung – Melalui Rapat Forum Koordinasi Perencanaan KUMKM 2021 se-provinsi Jawa Barat, Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim mengajak stakeholders Koperasi dan UMKM (KUMKM) khususnya di Jawa Barat untuk bersama-sama mencapai target yang telah direncanakan dalam RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) terkait pembangunan koperasi dan UMKM.

“Dinas Koperasi dan UMKM Kemenkop menjadi salah satu ujung tombak dalam pencapaian target pembangunan koperasi dan UMKM yang telah direncanakan dalam RPJM, karena itu mari kita sama-sama bahu membahu mewujudkannya, dengan partisipasi aktif dari daerah saya optimis target target itu akan tercapai,” ungkapnya dalam keterangan tertulis di Bandung, Kamis (18/03).

Arif menambahkan, sejumlah target KemenkopUKM untuk pembangunan koperasi dan UMKM itu antara lain rasio kewirausahaan yang ditargetkan pada akhir 2024 sebesar 3,95 persen. “Kalau diterjemahkan dalam angka, setiap tahun rata rata harus bisa kita wujudkan 500 ribu wirausaha baru. Kalau ini ditanggung satu lembaga aja akan berat. Tapi kalau kita bagi bersama di seluruh Indonesia, dengan kerja keras saya optimis bisa terwujud,” tambahnya.

Baca Juga  Grab Dukung Kementerian Investasi Sosialisasikan OSS

Selain itu, kontribusi KUMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang diproyeksikan menjadi 65 persen pada akhir 2024 dibanding saat ini yang masih 61,07 persen atau ada kenaikan sekitar 4 persen. Terkait dengan pembiayaan kredit perbankan kepada UMKM ditargetkan menjadi 22 persen dari pencapaian saat ini yang masih 19 persen.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *