in ,

KemenkopUKM dan Agriterra Lakukan Pengembangan

KemenkopUKM dan Agriterra
FOTO: Dok. Kemenkopukm.go.id

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Koperasi dan UKM (KemenkopUKM) bersama Agriterra, sepakat untuk melakukan kerja sama pengembangan korporatisasi sektor pertanian melalui koperasi di Indonesia. Hal tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Memorandum Saling Pengertian (MSP) secara virtual, yang diwakilkan oleh Deputi Bidang Perkoperasian KemenkopUKM Ahmad Zabadi dan CEO Agriterra Marco Schouten.

Sebagai informasi, Agriterra sendiri merupakan lembaga internasional non-pemerintah (NGO) dari Belanda yang berfungsi sebagai konsultan dunia khusus mendampingi koperasi-koperasi di sektor pertanian.

Deputi Bidang Perkoperasian Ahmad Zabadi mengungkapkan, Agriterra memiliki keinginan bersama dengan KemenkopUKM untuk mewujudkan koperasi sebagai entitas bisnis yang modern, kontributif, kompetitif dan mendukung sinergi pengembangan koperasi modern dalam program korporatisasi sektor pertanian melalui koperasi di KemenkopUKM.

Baca Juga  G20 Momentum Indonesia Pimpin Pemulihan Ekonomi

Menurutnya, koperasi dan UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Dimana data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa terdapat 64 juta UMKM berkontribusi atas 57,2 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, serta menyerap 97 persen tenaga kerja.

KemenkopUKM juga menargetkan mencetak 100 koperasi modern pada tahun 2021, dan pada tahun ini sebanyak 150 koperasi modern, serta mendorong 2,5 juta usaha mikro bertransformasi menjadi sektor formal,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (30/04).

Ia menambahkan, dalam rangka meningkatkan akses koperasi dan UMKM terhadap pembiayaan, pemerintah menyiapkan empat transformasi besar yang akan dilakukan. Pertama, transformasi dari informal ke formal. Kedua, transformasi ke digital dan pemanfaatan teknologi. Ketiga, transformasi ke dalam rantai nilai (value chain). Keempat, modernisasi koperasi.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *