in ,

Kembangkan Produk dan Wisata Pertanian Melalui Inovasi

Kembangkan Produk dan Wisata Pertanian Melalui Inovasi
FOTO: IST

Pajak.Com, Jakarta – Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin mengungkapkan, potensi produk dan wisata pedesaan berbasis pertanian masih sangat besar untuk dikembangkan melalui berbagai inovasi.

“Keragaman hayati negeri ini sangat besar sekali jumlahnya. Dan dari segi kualitasnya, sudah banyak sekali masyarakat dunia mengakui terutama buah eksotis dari Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (15/08).

Menurutnya, potensi-potensi yang muncul melalui berbagai inovasi baru di bidang produk dan wisata pertanian yang kemudian menjadi pusat perhatian masyarakat saat ini kebanyakan secara alamiah. Mestinya ini bisa dibentuk dengan inisiasi intensif pemerintah di kementerian teknis, untuk menemukan inovasi yang menghasilkan komoditas unggul.

Akmal juga memberi apresiasi terhadap tindakan pemerintah yang berbenah diri untuk mempersiapkan sarana industri porang di Madiun, Jawa Timur, menurutnya menteri hingga presiden memberikan perhatian kepada potensi porang. Porang sendiri merupakan tanaman umbi-umbian yang banyak dimanfaatkan untuk bahan baku industri kosmetik, pengental, lem, mie ramen, hingga campuran makanan.

Baca Juga  Realisasi Program PEN 2021 Capai 43 Persen

Akan tetapi, porang ini bukanlah inisiasi pemerintah ketika komoditas ini ternyata memiliki potensi luar biasa dengan nilai ekspor porang pada 2020 sebesar Rp 923,6 miliar ke beberapa negara tujuan, yang terdiri dari Cina, Thailand, Taiwan, Vietnam, Myanmar, dan Jepang.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0