in ,

Kembangkan Produk dan Wisata Pertanian Melalui Inovasi

Akmal optimistis banyak sekali jenis dan potensi di pedesaan yang belum dieksplorasi. Oleh karena itu, ia berharap bahwa dengan adanya temuan-temuan baru, dapat menjadikan komoditas unggulan negeri ini bermunculan.

“Saat ini telah muncul beberapa desa wisata yang menyajikan keindahan alamnya yang dipadu dengan komoditas pertanian lokal, terutama komoditas hortikulturanya seperti kebun bunga, buah atau sayur mayur. Untuk desa wisata berbasis tanaman pangan, tegalan sawah juga menjadi track bagi pecinta jogging dan pesepeda juga telah muncul. Peran pemerintah daerah di sini sangat penting, tetapi sinergi dengan pemerintah pusat terutama di kementerian masih perlu terus dikuatkan,” jelasnya.

Akmal menyarankan, di bagian Litbang Pertanian, selain fokus menemukan bibit unggul melalui berbagai persilangan, alangkah baiknya jika ada juga unit khusus untuk meneliti berbagai jenis komoditas pertanian yang memiliki potensi besar menjadi produk unggulan.

Baca Juga  Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Digital di ASEAN Diproyeksi 2 Triliun Dollar AS

“Negeri ini kekayaannya tidak terbayangkan besarnya. Saya berharap, ada efektivitas kinerja pemerintah dengan dukungan anggaran yang ada, di masa depan ada lompatan-lompatan di bidang pertanian berbasis pengembangan pedesaan, menemukan komoditas unggulan baru, sehingga negara ini dapat maju terpandang di dunia internasional yang ditumpu dari sektor pertaniannya,” pungkasnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *