in ,

Mentan Akan Tingkatkan Produksi dan Daya Saing Petani

Mentan Akan Tingkatkan Produksi dan Daya Saing Petani
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, program utama Kementan yang akan dilakukan pada 2022 adalah melakukan peningkatan produksi dan daya saing yang tinggi untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

“Saya selalu mengatakan bahwa pertanian itu bukan proyek, tetapi program jangka panjang yang ujungnya adalah mensejahterakan rakyat melalui 3 M (maju, mandiri, modern). Karena itu, saya minta agar kegiatan yang telah disusun ini harus fokus pada aspek peningkatan produksi dan daya saing peningkatan ekonomi,” ungkapnya dalam musyawarah rencana pembangunan pertanian nasional (Musrenbangtannas) 2021, Rabu (21/07).

Menurutnya, kedua aspek program skala prioritas tersebut sangat penting untuk dilakukan mengingat Indonesia dan dunia saat ini sedang menghadapi turbulensi ekonomi akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan.

Baca Juga  Pemerintah Dorong Koperasi Masuk Rantai Pasar Global

“Saya selalu membahasakan bahwa walaupun saat ini terjadi goncangan di seluruh dunia, tetapi yang harus tetap konsisten berjalan dan berproduksi itu adalah ketahanan pangan. Sebab makanan adalah hal yang paling mendasar,” ujarnya.

Mentan menjelaskan, bicara pertanian pasti selalu berbicara kesejahteraan. Pertanian adalah lapangan kerja dan selalu berkaitan dengan aspek kehidupan lainnya.

“Seperti yang saya bilang, ujungnya dari sektor pertanian itu adalah makanan rakyat. Pertanian itu lapangan kerja. Pertanian itu dasar sebuah daerah. Yang pasti kita tidak boleh kendor karena pertanian selalu mampu jadi penopang ekonomi nasional dan daerah. Sektor pertanian selama ini telah memberi kontribusi terhadap aspek kehidupan kita,” jelasnya.