in ,

Jokowi Targetkan Sulsel Jadi Lumbung Pangan Nasional

Presiden Jokowi Targetkan Sulsel Jadi Lumbung Pangan Nasional
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Paselloreng dan Bendungan Gilireng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel). Jokowi menargetkan kehadiran dua bendungan ini dapat mendukung Sulsel untuk menjadi lumbung pangan nasional.

“Bendungan Paselloreng ini menelan biaya Rp 771 miliar dan sudah dilengkapi dengan Bendung Irigasi Gilireng yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai lumbung pangan nasional,” kata Jokowi dalam acara konferensi pers virtual, pada (9/9).

Ia menuturkan bahwa ketahanan pangan itu membutuhkan suplai air yang bisa dimiliki sebanyak-banyaknya dengan kehadiran bendungan. Dengan demikian, Jokowi optimistis, pembangunan bendungan dapat menjamin suplai air secara berkelanjutan dan peningkatan kualitas pertanian.

Baca Juga  Sri Mulyani Pastikan Hadir di Sidang Sengketa Pilpres

“Tahun ini akan dan sudah diselesaikan sampai Desember nanti 17 bendungan. Kita harapkan dengan bendungan-bendungan yang ada ini, sekali lagi, ketahanan pangan kita bisa kita perkuat dan kita tingkatkan,” kata Jokowi.

Ia menyebutkan, Bendungan Paselloreng dan Bendung Gilireng memiliki kapasitas tampung 138 juta meter persegi. Keduanya memiliki luas genangan 1.258 hektare dan mampu mengairi sawah seluas 8.500 hektare.

“Sehingga kita harapkan dengan suplai air yang ada akan meningkatkan frekuensi tanam yang mungkin 1, bisa jadi 2, atau 3, sehingga bisa meningkatkan produktivitas lahan dan kita harapkan meningkatkan kesejahteraan petani,” tambah Jokowi.

Ditulis oleh

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *