in ,

Pemerintah Bangun Lumbung Ikan Nasional di Ambon

Pemerintah Bangun Lumbung Ikan Nasional di Ambon
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemerintah segera membangun Ambon New Port. Pelabuhan yang akan menjadi lumbung ikan nasional itu memiliki nilai investasi sekitar Rp 5 triliun.

“Dalam laporan Menteri KP (Kelautan dan Perikanan) banyak sekali hal yang bisa diefektifkan agar fungsi-fungsi penangkapan ikan itu bisa secara masif. Dari situ kita melihat bahwa untuk menjadikan satu sentra lumbung ikan nasional, tidak cukup pelabuhan-pelabuhan yang ada yang dikembangkan atau digunakan, tetapi kita membutuhkan satu pelabuhan di mana pelabuhan itu (terintegrasi) bersama dengan kawasan industri,” kata Budi Karya, dalam konferensi pers virtual, usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, pada Senin (29/3).

Baca Juga  Jokowi Serahkan DIPA dan TKDD, Ini Fokus APBN

Dengan demikian, dalam waktu dekat pemerintah akan segera membebaskan tanah di wilayah itu untuk membangun lumbung ikan nasional supaya dapat segera dibangun sejumlah infrastruktur dasar. Proyek ini akan menggunakan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

“Investasinya kurang lebih Rp 5 triliun, tahap awal Rp 1,3 triliun. Selain itu, ada kesempatan mengembangkan kawasan menjadi 900 hektare di mana swasta akan membebaskan 700 hektare,” jelasnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *