in ,

Pemerintah Bangun Lumbung Ikan Nasional di Ambon

Ia mengatakan, pembangunan Ambon New Port mengusung konsep pelabuhan yang terintegrasi yang memiliki terminal peti kemas internasional dan domestik; terminal roro; pelabuhan perikanan (tempat pelelangan dan pengolahan ikan); kawasan industri logistik; terminal LNG (liquefied natural gas) dan powerplant.

Budi Karya mengatakan, proyek lumbung ikan nasional ini akan dimulai tahun 2021 dan diharapkan selesai dalam dua tahun pengerjaan, tepatnya pada 2023 mendatang. Proyek ini pun akan mendapatkan dukungan pendanaan dari PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

“Kita ingin me-restructure cara-cara penghitungan penangkapan ikan sehingga untuk dua tahun ini kita bisa memfungsikan dua pelabuhan yang ada di Ambon. Satu adalah Pelabuhan Yos Sudarso, yang kedua adalah Pelabuhan Perikanan Nusantara yang juga belum optimal,” ujarnya.

Baca Juga  Presiden Jokowi Serukan Aksi Komprehensif dalam Memerangi TPPU

Sebagai informasi, rencana untuk membangun Ambon New Port pertama kali digaungkan oleh Presiden Jokowi kala melakukan kunjungan kerja ke Maluku pekan lalu. Pembangunan pelabuhan ini mempertimbangkan potensi perikanan di wilayah sekitar yang besar.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *