in ,

Jokowi: Enam Fokus Kebijakan Utama APBN 2022

Untuk itu, Jokowi ingin agar Indonesia selalu bersiap diri menghadapi risiko pandemi Covid-19. Ia menilai bahwa ketidakpastian bidang kesehatan dan perekonomian harus menjadi basis dalam membuat perencanaan dan melaksanakan program; sehingga APBN Tahun 2022 harus dirancang secara responsif, antisipatif, dan fleksibel.

“Selalu berinovasi dan mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi dengan tetap menjaga tata kelola yang baik,” tegasnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyebut bahwa APBN 2022 memiliki peran sentral karena Indonesia bisa unjuk kemampuan menghadapi perubahan iklim di pertemuan KTT G20 tahun 2022.

“Sebagai presidensi G20, kita harus menunjukkan kemampuan kita dalam menghadapi perubahan iklim terutama dalam pengurangan emisi dan gerakan perbaikan lingkungan secara berkelanjutan. Kita harus menunjukkan aksi nyata, komitmen kita pada green dan sustainable economy. Selain itu, APBN Tahun 2022 juga harus mendorong kebangkitan ekonomi nasional dan mendukung reformasi struktural,” urainya.

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

Sementara itu, Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati mengemukakan, pemulihan ekonomi global maupun domestik memasuki tahun 2022 dipastikan masih tidak merata dan bahkan tidak pasti; dibarengi munculnya risiko baru yang harus dikelola seperti volatilitas harga komoditas, tekanan inflasi, dan implikasi kenaikan suku bunga di negara maju terutama Amerika Serikat.

Selain itu, adanya ketidakseimbangan ekonomi Tiongkok, disrupsi rantai pasok, dan dinamika geopolitik juga masih membayangi pemulihan ekonomi nasional ke depannya.

“Meskipun menghadapi dinamika ketidakpastian perekonomian Indonesia, pada tahun 2022 diproyeksikan akan melanjutkan pemulihan yang makin kuat, karena penanganan pandemi yang efektif berhasil mengendalikan varian delta dengan lebih cepat. Sehingga, aktivitas perekonomian kembali meningkat (tecermin) pada kuartal keempat tahun 2021”, tandasnya.

Baca Juga  Xiaomi Siap Kuasai Pasar EV dengan Peluncuran Sedan SU7

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *