in ,

Jokowi Dorong Penghentian Impor Obat dan Alat Kesehatan

Jokowi Dorong Penghentian Impor Obat dan Alat Kesehatan
FOTO: IST

Pajak.com, Bali – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan keinginannya agar pemerintah dapat menghentikan impor baik alat kesehatan, obat-obatan, maupun bahan baku obat. Ia pun berharap bahwa barang-barang tersebut dapat diproduksi sendiri di tanah air.

“Alat-alat kesehatan, obat-obatan, bahan baku obat, kita harus berhenti untuk mengimpor barang-barang itu lagi dan kita lakukan, kita produksi sendiri di negara kita,” ungkapnya saat memberikan sambutan dan melakukan groundbreaking Rumah Sakit (RS) Internasional Bali yang terletak di Kawasan Wisata Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Senin (27/12/2021).

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa untuk menekan impor bahan baku obat, pihaknya akan memfokuskan BUMN Indofarma melakukan pengembangan industri herbal untuk obat-obatan.

Baca Juga  Menkop Ungkap Solusi Tingkatkan Ekspor UMKM

“Industri herbal sendiri kita punya kekuatan, memang kita mempunyai alam dan punya kultur mengenai industri herbal ini. Karena itu Indofarma kita akan fokus pengembangan industri herbal pengobatan,” kata Erick.

Erick menambahkan, untuk BUMN Kimia Farma akan tetap difokuskan dalam penyediaan obat-obatan generik untuk memberikan akses obat yang terjangkau bagi masyarakat. Selain itu, produksi obat-obatan ini juga akan didorong untuk menggunakan bahan baku dalam negeri.

“Ini kalau digabungkan ya kita berharap ke depan, empat tahun ke depan kita bisa menekan impor bahan baku obat sampai 75 persen. Jadi yang 95 turun 20 persen,” tambahnya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings