in ,

Industri Pengolahan Diprediksi Meningkat pada Kuartal II

Industri Pengolahan Diprediksi Meningkat pada Kuartal II
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) memperkirakan kinerja sektor industri manufaktur atau pengolahan akan terus meningkat dan berada dalam fase ekspansi pada kuartal II-2021 (April-Juni). Hal itu tecermin dari prompt manufacturing index Bank Indonesia (PMI-BI) sebesar 50,01 persen di kuartal I-2021 (Januari-Maret) atau meningkat dari 47,29 persen dibandingkan kuartal IV-2020 (Oktober-Desember). Secara tahunan posisi PMI-BI kuartal I-2021 juga lebih baik dari periode yang sama di tahun lalu, yakni sebesar 45,65 persen.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, pencapaian itu sejalan dengan peningkatan kegiatan sektor industri pengolahan berdasarkan hasil survei kegiatan dunia Usaha

“Peningkatan terjadi pada hampir seluruh komponen pembentuk PMI-BI. Terutama volume total pesanan, volume persediaan barang jadi, dan volume produksi yang berada dalam fase ekspansi.Pada kuartal II-2021 kinerja sektor Industri pengolahan diperkirakan meningkat dan berada dalam fase ekspansi. PMI-BI pada kuartal II-2021 diproyeksikan sebesar 55,25 persen, meningkat dari kuartal sebelumnya,” jelas Erwin, dalam siaran tertulis yang diterima Pajak.com, pada (14/4).

Baca Juga  Lewat Beasiswa Inkubator Bisnis, BSI Cetak “Sociopreneur”