in ,

Indonesia Inisiasi Strategi Akuakultur Skala Kecil di ASEAN

Sementara itu pada pertemuan ASEAN Shrimp Alliance (ASA) yang dilaksanakan tanggal 21 Juni 2021, dibahas upaya negara-negara ASEAN dalam mitigasi dampak Covid-19 terhadap komoditas udang yang meliputi aspek produksi dan perdagangan. Indonesia bersama negara-negara ASEAN lainnya memainkan peran yang signifikan sebagai eksportir produk udang ke pasar tradisional seperti AS, Uni Eropa, dan Jepang.

Di Forum ASA, Indonesia mengingatkan pentingnya upaya untuk menjaga produktivitas dan kepatuhan terhadap aspek keamanan pangan (food safety) sebagai sesuatu yang wajib agar kepercayaan pasar terhadap produk udang tetap terjaga.

Dalam pembahasan sustainable aquaculture dan circular economy terkait pemanfaatan limbah lateks dan limbah sawit, anggota Delegasi Indonesia Erna Yuniarsih menyampaikan pengalaman Indonesia dalam pemanfaatan limbah sawit untuk komponen pakan ikan mandiri.

Baca Juga  Moeldoko: Penerapan Perdagangan Karbon Harus Berjalan Optimal Sebelum Oktober 2024

Pemanfaatan limbah sawit yang berupa Palm Karnel Meal (PKM) dari industri sawit ini dapat menjadi alternatif sumber protein pada pakan budidaya ikan patin guna mengurangi penggunaan tepung ikan (fish meal) sehingga biaya produksi budidaya dapat ditekan. Selain itu Indonesia juga sudah mulai melakukan kajian pemanfaatan biji karet sebagai sumber bahan baku protein nabati dalam pakan ikan.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *