in ,

Indonesia Inisiasi Strategi Akuakultur Skala Kecil di ASEAN

Indonesia Inisiasi Strategi Akuakultur Skala Kecil di ASEAN
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Delegasi Indonesia mengikuti rangkaian pertemuan Kelompok Kerja Perikanan ASEAN (ASEAN/ASWGFi). Dalam pertemuan ini, Indonesia memimpin inisiatif untuk formulasi strategi regional untuk mendorong implementasi pedoman volunter akuakultur perikanan skala kecil sesuai ketentuan Food and Agriculture Organization (FAO) atau FAO Voluntary Guidelines on Small-scale Fisheries (SSF).

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Agung Tri Prasetyo yang menjadi salah satu delegasi Indonesia mengatakan bahwa jumlah pelaku perikanan skala kecil di Indonesia dan di negara-negara ASEAN lainnya tercatat 90 persen, termasuk Small-scale aquaculture/SSA atau akuakultur (budidaya perairan) skala kecil perlu suatu panduan dalam pengelolaannya.

Baca Juga  Wamendag: QRIS di Pasar Rakyat Akan Terus Diperluas

“Kalau SSF sudah ada, tinggal kita dorong implementasinya, sedangkan untuk small-scale aquaculture belum tersedia panduan, bahkan kesamaan persepsi dan pengertiannya pun belum ada. Oleh sebab itu, Indonesia siap memimpin pembahasan isu ini di kawasan dengan dukungan Sekretariat ASEAN,“ jelas Agung dalam keterangan tertulis KKP dikutip Minggu (27/6/21).

SSA telah terbukti memberikan kontribusi penting bagi ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, dan pembangunan sosial-ekonomi. FAO menyebutkan, 98 persen pembudidaya ikan skala kecil dunia berada di negara berkembang, kebanyakan di daerah pedesaan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0