in ,

Indikator Perbaikan Perekonomian Domestik

Perkembangan sejumlah indikator seperti kinerja ekspor, ekspektasi konsumen, penjualan eceran, dan PMI manufaktur pada Februari lalu mengindikasikan perbaikan yang terus berlangsung; di tengah mobilitas masyarakat yang meningkat, sejalan dengan masih diberlakukannya pembatasan di sejumlah wilayah.

“Akselerasi program vaksin nasional dan disiplin dalam penerapan protokol Covid-19 diharapkan dapat mendukung proses pemulihan ekonomi domestik. Selain itu, untuk mendorong permintaan domestik lebih lanjut, sinergi kebijakan ekonomi nasional terus diperkuat,” imbuhnya.

Sinergi kebijakan perbaikan ekonomi domestik yang dimaksud mesti mencakup lima aspek yakni pembukaan sektor-sektor produktif dan aman, akselerasi stimulus fiskal, penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan dan penawaran, berlanjutnya stimulus moneter dan makroprudensial, serta percepatan digitalisasi ekonomi dan keuangan khususnya terkait pengembangan UMKM.

Baca Juga  Zakat Fitrah: Besaran dan Cara Bayar Lewat Aplikasi BCA

“Sejalan dengan kebijakan moneter akomodatif Bank Indonesia dan sinergi dengan kebijakan fiskal pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN), kondisi likuiditas di perbankan dan pasar keuangan tetap longgar,” ujarnya.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *