in ,

Harga Pangan dan Energi Naik, Pemerintah Beri Bansos

Kelima, dalam Sidang Kabinet Paripurna telah diusulkan program Bantuan Presiden (Banpres) untuk usaha mikro sebesar Rp 600 ribu dan dengan sasaran penerima di kisaran 12 juta.

Selain itu, menurut Airlangga, Presiden Jokowi meminta kenaikan harga pupuk harus menjadi perhatian para menteri terkait. Sebab saat ini terdapat penggunaan pupuk subsidi dan nonsubsidi di Indonesia, khususnya untuk padi, jagung, kedelai, bawang merah, cabai, tebu, dan kakao.

“Presiden mewanti-wanti subsidi pupuk harus tepat sasaran agar para petani bisa menerima pupuk, sehingga harga pupuk tidak mengakibatkan kelangkaan pupuk. Diharapkan upaya ini dapat mendorong ketersediaan pangan yang aman,” ungkap Airlangga.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dari sisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pihaknya akan terus merumuskan kebijakan demi menjaga penerimaan, sehingga dapat dialokasikan salah satunya untuk bansos.

Baca Juga  Mengenal 5 Jenis Budaya Kerja

“Presiden menginstruksikan agar diperhatikan detail harga-harga pangan dan harga energi sehingga bisa menghasilkan kebijakan yang tepat. Untuk bisa di satu sisi kita bisa menjaga daya beli masyarakat, menjaga momentum ekonomi tapi juga menjaga APBN, ini tiga hal penting yang harus dilakukan,” ungkap Sri Mulyani.

Ditulis oleh

Baca Juga  Wamenkeu Tegaskan Indonesia Dukung Reformasi Kebijakan Ekonomi Hijau di CFMCA Laos

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *