in ,

Erick Thohir Resmikan Pertashop di Pesantren

Menurut Erick, program kemitraan Pertamina shop dari Pertamina dengan pondok pesantren ini merupakan inovasi baru. Tujuannya untuk menumbuhkan kemandirian ekonomi pondok pesantren dan membangun kesadaran pembangunan gotong royong di daerah. MES ingin membangun paradigma baru yang tertuang dalam program “bangga mbangun desa”.

“Ini adalah proyek percontohan, untuk menuju 1.000 pesantren dengan 1.000 bisnis. Sehingga pesantren dapat mandiri secara finansial dan menguatkan ekonomi umat dan masyarakat sekitar,” kata Erick.

Sejatinya, sejak dilantik sebagai ketua MES pada Maret 2021 lalu, Erick dan jajaran telah menyusun peta jalan MES dengan target capaian peningkatan kesejahteraan melalui peningkatan indeks pembangunan manusia. Strategi implementasi antara lain, pembinaan pelajar, mahasiswa, dan kepemudaan. Tentu yang menjadi utama pemuda di pesantren. Kementerian agama mencatat, ada 26.973 pesantren yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga  8 Poin Penting dalam Proses Pengajuan Izin Usaha

Tak hanya MES, Bank Indonesia (BI) turut menyusun peta strategi membangun ekonomi dan keuangan syariah, salah satunya mendukung usaha mikro kecil menengah (UMKM) di pesantren. Bahkan BI telah merancang sistem akurasi pesantren Indonesia berbasis pedoman akuntansi terbaru dan mengimplementasikan virtual market bagi pesantren berbasis holding.

Ditulis oleh

Baca Juga  Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Digital di ASEAN Diproyeksi 2 Triliun Dollar AS

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *