in ,

Empat Langkah Indonesia Jadi Eksportir Produk Halal

Empat Langkah Indonesia Jadi Eksportir Produk Halal
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Indonesia memiliki potensi pasar besar untuk produk Muslim. Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap Indonesia bisa menjadi produsen dan eksportir produk halal terbesar di dunia. Untuk mewujudkan hal itu, Wapres memaparkan sedikitnya ada empat langkah strategis yang dapat dilakukan. Pertama, dengan mengembangkan riset halal dan meningkatkan substitusi impor. Kedua, dengan membangun kawasan-kawasan halal yang terintegrasi dengan fasilitas logistik halal. Ketiga, dengan membangun sistem informasi halal termasuk mempercepat proses penyelesaian sertifikat halal, dan keempat, meningkatkan kontribusi produsen-produsen produk halal, baik skala mikro, menengah, dan besar untuk ekspor produk halal ke seluruh dunia (Global Halal Value Chain). 

Menurut laporan State Global Islamic Economic Report 2020-2021, tingkat konsumsi masyarakat Muslim dunia mencapai 2,02 triliun dollar AS. Konsumsi itu antara lain mencakup sektor makanan, farmasi, kosmetik, mode, perjalanan dan media atau rekreasi halal. Sebagai contoh, pengeluaran untuk modest fashion mencapai 277 miliar dollar AS, meningkat 4,2 persen dari tahun sebelumnya, dan diperkirakan mencapai 311 miliar dollar AS pada 2024.

Baca Juga  Pemerintah dan WRI Indonesia Susun Peta Jalan Dekarbonisasi Industri Nikel

Menilik data OIC Economic Outlook 2020, di antara negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Indonesia masih menjadi eksportir terbesar kelima dengan proporsi 9,3 persen di bawah Arab Saudi (14,5 persen), Malaysia (13,3 persen), Uni Emirat Arab (12,3 persen), dan Turki (10,1 persen). Indonesia juga merupakan importir terbesar keempat dengan proporsi 8,4 persen di bawah Uni Emirat Arab (12,2 persen), Turki (12,1 persen) dan Malaysia (11,8 persen).

“Potensi Indonesia sebagai pasar produk Muslim harus dibarengi dengan peningkatan kinerja ekspor Indonesia ke luar negeri khususnya ke negara-negara OKI. Indonesia harus lebih gigih berusaha menguasai pasar halal dunia khususnya negara-negara OKI,” kata Wapres Ma’ruf Amin saat membuka acara Indonesia Industrial Moslem Exhibition (II-Motion) 2021 melalui konferensi video di Jakarta, Kamis (03/06/2021).

Baca Juga  Catat! Jadwal Rekayasa Lalin Arus Mudik dan Balik Lebaran 2024

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *