in ,

PMI Manufaktur Mei 2021 Catatkan Rekor Tertinggi

PMI Manufaktur Indonesia Mei 2021 Catatkan Rekor Tertinggi
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta Purchasing managers index (PMI) manufaktur Indonesia tercatat pada angka 55,3 di bulan Mei 2021 atau meningkat dari April di level 54,6.  Pencapaian ini menunjukkan terjadinya ekspansi selama tujuh bulan berturut- turut. Jika dibandingkan pada Mei 2020, PMI berada pada level 28,6 fase terendah selama pandemi Covid-19.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Nathan Kacaribu menjelaskan, momentum ekspansi ini menggambarkan peningkatan permintaan baru, pembelian, serta ketenagakerjaan yang kembali tumbuh setelah 14 bulan terkontraksi.

Output dan permintaan baru sebagai komponen terbesar PMI manufaktur. Perusahaan menyaksikan peningkatan permintaan secara keseluruhan yang lebih kuat, didukung oleh pertumbuhan permintaan baru internasional pada bulan kedua, yang memicu peningkatan produksi manufaktur pada bulan Mei,” jelas Febrio dalam keterangan tertulis yang diterima Pajak.compada (2/6).

Baca Juga  Grab Suntik Modal ke Startup Marketplace Reksa Dana

BKF mencatat, produsen meningkatkan pembelian bahan baku dan setengah jadi selama empat bulan berturut-turut. Pada bulan Mei juga terjadi perluasan jumlah tenaga kerja tercermin dari penambahan perekrutan pegawai untuk memperluas kapasitas operasi perusahaan.

“Optimisme bahwa produksi akan terus menguat terlihat semakin solid di dalam negeri, didorong harapan perbaikan ekonomi karena situasi pandemi Covid-19 domestik,” kata Febrio.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *