in ,

Ekonomi NTB Tumbuh Berkat WSBK Sirkuit Mandalika

Selain itu, pemicu lainnya adalah membaiknya pengendalian COVID-19 di NTB karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dan perkembangan vaksinasi yang agresif.

“Progres vaksinasi di NTB itu dibuktikan dengan capaian vaksinasi dosis pertama sebesar 61,95 persen dan dosis kedua sebesar 27,42 persen. Bahkan, dosis pertama di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah berada di kisaran 70–96 persen,” sebut Heru.

Seperti diketahui WSBK 2021 menjadi ajang bergengsi karena diikuti pembalap kelas dunia, seperti pembalap Pata Yamaha Toprak Razgalioglu; pembalap Kawasaki Jonathan Rea; pembalap Ducati Italia Michael Rinaldi; dan sebagainya.

Rinaldi bahkan memberikan testimoni mengenai sirkuit yang dibangun dengan investasi Rp 17 triliun itu. “Terima kasih Pak Presiden dan Pak Erick Thohir untuk sirkuit yang keren. Terima kasih,” kata Rinaldi melalui media sosialnya.

Baca Juga  KADIN Optimistis Hasil Putusan MK Beri Kepastian bagi Dunia Usaha

Mengutip dari situs resmi WSBK, Sirkuit Mandalika memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit karena dibangun oleh PT Pertamina (Persero) sebagai investor utama. Sirkuit yang juga dibangun bersama PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) ini memiliki area balap sepanjang 4,3 kilometer atau 4.300 meter dengan jumlah tikungan mencapai 17, 11 mengarah ke kanan dan 6 lainnya mengarah ke kiri.

Sirkuit Mandalika dapat menampung 150.000 hingga 200.000 orang. Namun, dalam masa pandemi COVID-19, pihak pengelola hanya menyediakan hingga 75.000 kursi di grandstand dan 138.000 area berdiri.

Sirkuit Mandalika telah masuk dalam kalender MotoGP (grand prix motorcycle racing) tahun 2022. Dikutip dari situs resmi MotoGP, Sirkuit Mandalika bakal jadi venue balapan pada 20 Maret 2022 atau beberapa pekan setelah seri pembuka di Qatar pada 6 Maret 2022. Sirkuit Mandalika rencananya akan menjadi lokasi tes pramusim MotoGP pada 11–13 Februari 2022.

Baca Juga  Cara Penting Identifikasi dan Lapor Penipuan Digital

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *