in ,

BSI Dukung Permodalan UMKM Lewat Koperasi Syariah

“Beberapa strategi yang dilakukan BSI diantaranya adalah meningkatkan value chain financing, KUR (kredit usaha rakyat) syariah dan penyaluran dana berbasis komunitas. Selain itu, BSI juga meningkatkan kolaborasi fintech dan e-commerce, fokus ke industri halal dan pengembangan produk retail banking syariah. BSI juga memanfaatkan ekosistem digital, integrasi antara commercial finance dan social finance, serta penyaluran dana berbasis masjid,” jelas Abdullah.

Sekadar informasi, hingga Maret 2021 BSI telah menyalurkan pembiayaan UMKM sebesar Rp 35,91 triliun atau 22,63 persen dari total pembiayaan BSI. Pembiayaan UMKM BSI itu terdiri dari Rp 15,3 triliun pembiayaan segmen menengah, sebesar Rp 10,87 triliun untuk segmen kecil, dan senilai Rp 9,74 triliun segmen mikro.

Baca Juga  Kinerja PIS, Jadi Perusahaan “Shipping” Terkemuka di Asia

“Potensi pertumbuhan pembiayaan UMKM ini cukup besar dengan risiko pembiayaan yang cukup terjaga, dimana jumlah BMT di Indonesia mencapai lebih dari 4.500 dengan BPRS mencapai 163 dengan jumlah jaringan 631 outlet, jumlah masjid lebih dari 600 ribu dan pesantren lebih dari 26 ribu,” ungkap Abdullah.

Sementara itu, Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Erdiriyo mengatakan, BMT merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang dapat mendukung peningkatan inklusi keuangan. BMT juga sangat strategis dan layak untuk memfasilitasi perubahan perekonomian umat Islam.

“Seiring dengan fungsinya, maka sejak diproklamirkannya Induk Koperasi Syariah (Inkopsyah) BMT pada tahun 1998—sebagai induk perkumpulan, maka industri BMT juga semakin membaik. Sinergi dan koordinasi BMT dengan industri keuangan syariah dalam bentuk channeling pembiayaan syariah kepada UMKM, serta kolaborasi lainnya berpotensi untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional menghadapi pandemi Covid-19,” kata Erdiriyo.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *