in ,

Bagaimana Dampak Krisis Energi Dunia pada Indonesia?

Bagaimana Dampak Krisis Energi Dunia pada Indonesia?
FOTO: IST

Pajak.com, Jakarta – Krisis energi melanda beberapa negara di dunia, seperti Inggris, Tiongkok, dan India, disana terjadi kelangkaan pasokan dan kenaikan harga gas, pemadaman listrik, hingga sulitnya mendapatkan bahan bakar minyak (BBM), lantas bagaimana dampak dan ketahanan energi di Indonesia?

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto memastikan, ketahanan energi nasional masih dalam kondisi aman, bahkan Indonesia cenderung diuntungkan dengan kondisi krisis energi global ini. Ia mengatakan, Indonesia masih mengekspor batu bara sebesar 70 persen dari pasokan yang dimiliki, serta ekspor gas sebesar 38 persen dari pasokan nasional.

“Indeks ketahanan energi kita masih di angka 6,57, yang masih dalam kategori ‘tahan’, dari tingkat tertinggi ‘sangat tahan’ di angka 8. Setiap tahunnya indeks ketahanan energi terus meningkat,” kata Djoko dalam acara webinar bertajuk Krisis Energi Mulai Melanda Dunia, Bagaimana Strategi RI?, yang digelar Universitas Diponegoro, pada (10/10).

Baca Juga  BI Perlu Pertahankan Tingkat Suku Bunga Acuan 3,5%

Djoko mengatakan, meski kondisi saat ini masih menguntungkan, Indonesia tetap harus mengantisipasi impor energi fosil khususnya minyak. Sebab jika tidak, maka bisa berisiko pada terganggunya subsidi BBM.

“Tentang impor minyak, meski agak terganggu misalnya Pertamina, kan, minta subsidi dan akhirnya jadi beban negara. Namun, dengan kondisi batu bara dan gas tinggi kita masih ekspor dan kondisinya jadi wind profit bagi negara,” kata Djoko.

Ia memastikan, cadangan minyak nasional saat ini mampu memenuhi kebutuhan domestik selama 20 hingga 25 hari, ditambah dengan gas dan batu bara yang justru di ekspor karena kebutuhan domestik yang terpenuhi.

Pemerintah saat ini juga sedang menyiapkan konsep infrastruktur dan pencadangan energi nasional yang kini masuk dalam tahap finalisasi. Upaya itu akan dipercepat untuk mengantisipasi jika Indonesia mengalami krisis energi di masa mendatang.

Baca Juga  BPK Minta Pemerintah Perbaiki Pengelolaan Anggaran

Krisis energi dunia yang melanda Inggris terlihat dampak dari naiknya tarif listrik serta sulitnya mendapatkan BBM untuk kendaraan. Lebih dari dua ribu pompa bensin di negeri itu kering. Krisis gas membuat warga terpaksa berebut BBM dengan industri yang juga kehabisan sumber pembangkit listrik.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0