in ,

ADB Siap Galang Dana Pembangunan IKN Nusantara

ADB Siap Galang Dana
FOTO: IST

Pajak.comJakarta – Asian Development Bank (ADB) atau Bank Pembangunan Asia menyatakan komitmennya untuk ikut membantu Indonesia membiayai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mendukungnya yakni dengan menggalang pembiayaan dari sumber pemerintah dan sektor swasta.

Tak hanya itu, Wakil Presiden ADB Ahmed M. Saeed menuturkan, ADB akan membantu Otorita IKN Nusantara dalam merancang serta mengkaji potensi dampak lingkungan dan sosialnya untuk menciptakan Nusantara sebagai kota yang inklusif dan netral karbon.

“ADB siap membantu untuk merencanakan relokasi bersejarah ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Nusantara,” katanya di sela-sela kunjungan kerjanya di Jakarta, dikutip Sabtu (19/3).

Baca Juga  Pemerintah Perpanjang Stimulus Program Ketenagalistrikan

Ia juga memastikan, Otorita IKN Nusantara sebagai lembaga pemerintah yang bertugas melakukan perencanaan dan pembangunan ibu kota yang baru, akan mengawal proses transisi pemerintahan ke Nusantara dan menjadi pengelola kota tersebut.

Menurutnya, membangun sebuah kota yang sama sekali baru membuka peluang yang unik untuk menerapkan kajian dan pengalaman terkini mengenai hal-hal yang dapat membuat kota menjadi menyenangkan serta efisien untuk bekerja, tempat tinggal, dan rekreasi.

“ADB akan membagikan pembelajaran internasional yang kami miliki untuk mendukung Otorita IKN Nusantara mendesain dan mendanai pembangunan ibu kota baru,” ujarnya.

Sebagai langkah pertama, ADB akan mendukung upaya Otorita IKN Nusantara dalam menyelenggarakan konferensi internasional untuk mempelajari bagaimana negara-negara lain melaksanakan pembangunan kota yang netral karbon dan inklusif.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

GIPHY App Key not set. Please check settings

Loading…

0