in ,

5 Program Strategis Kominfo Pacu Ekonomi 2022

5 Program Strategis Kominfo Pacu Ekonomi 2022
FOTO : IST

Pajak.com, Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyiapkan lima program strategis untuk mendukung Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022.  Tahun depan, pemerintah tengah fokus Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk memacu transformasi ekonomi Indonesia.

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan lima program untuk mendukung tiga prioritas pembangunan nasional yang berhubungan dengan pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur TIK (teknologi informasi dan komunikasi), ekonomi, serta pelayanan publik.

“Target yang akan dicapai pemerintah termasuk Kemkominfo adalah menyiapkan landasan transformasi ekonomi Indonesia. Tema (RKP) tersebut dipilih dengan tujuan agar pembangunan di tahun 2022 dapat menjadi landasan transformasi ekonomi Indonesia,” kata Johnny dalam keterangan tertulis Selasa (8/6/21).

Baca Juga  KemenkopUKM dan PBNU Sinergi Bina Usaha Ultra Mikro

Johnny menyatakan, fokus pelaksanaan akselerasi transformasi digital menjadi dasar perancangan program kerja tahun 2022. Program ini merupakan kelanjutan dari program tahun 2020 dan tahun 2021, antara lain, percepatan penyediaan infrastruktur telekomunikasi, penguatan infrastruktur digital pemerintah, penguatan tata kelola data termasuk pertukaran data lintas-batas, dan penguatan komunikasi publik, termasuk melalui platform digital.

Berbagai upaya itu dikemas dalam lima program strategis yang akan dilaksanakan penuh pada tahun 2022. Pertama, program penyediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi. Program ini meliputi upaya percepatan pembangunan Base Transceiver Station (BTS), integrasi Palapa Ring, penyediaan akses internet, penyediaan kapasitas satelit, penggelaran Internet 4G oleh operator, pembangunan pusat monitoring telekomunikasi dan penyiaran, serta upaya digitalisasi penyiaran.