in ,

3 Kementerian Kolaborasi Percepat Penerbitan NIB UKM

Sementara itu, Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan bahwa saat ini pengurusan izin usaha bisa melalui handphone dan cukup menggunakan KTP elektronik,  dan tanpa dikenakan biaya apa pun.

Bahlil menyampaikan, saat ini pihaknya sudah mengeluarkan NIB sebanyak 430 ribu lebih bagi pelaku usaha, yang 98 persen di antaranya merupakan UMKM perseorangan. Formalisasi itu diharapkan agar bisa mendapat kredit bank.

Menteri BUMN Erick Thohir menambahkan, kolaborasi program ini untuk memastikan bahwa UMKM tidak hanya menjadi objek semata, melainkan menjadi bagian dari solusi fondasi perekonomian nasional dan pembukaan lapangan kerja.

“Ada juga dari pihak swasta yang terlibat, seperti perseroan, asosiasi-asosiasi, platform digital, dan sebagainya. Ini bukti semua peduli UMKM,” tegas Erick.

Baca Juga  Kemenves/BKPM Terbitkan 8 Juta Nomor Induk Berusaha

Erick mengungkapkan, Kementerian BUMN terus mendorong program prorakyat agar ada keberpihakan. Misalnya, di sektor pembiayaan, Bank BRI akan didorong salurkan kredit sebesar 80 persen untuk UMKM. Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Pegadaian untuk memperkuat permodalan UKM.

Ditulis oleh

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *